Cara membuka file CSV di Google Docs

Sebenarnya file CSV dapat di buka di aplikasi Microsoft Excel secara default. Namun jika kamu tidak memilikinya atau karena alasan lain tidak ingin membukanya lewat aplikasi desktop, secara online kamu dapat menggunakan Google Docs. File CSV sebenarnya tidak dapat dibuka secara langsung di Google Docs. Namun, kamu dapat mengikuti trik ini untuk melakukannya.

Saat kamu membuka file CSV di Google Docs kamu akan menemukan pesan seperti “No Preview Available” seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Image

Nah, pada halaman tersebut, coba tekan File > Export to Google Spreadsheet. Nah, sekarang Google Docs akan meng-convert kembali file CSV kamu ke dalam CSV format nya Google dan kamu dapat membuka dan meng-edit file CSV kamu seperti biasa. DONE.

Apa itu CSV (Comma-Separated Values) ?

Comma Separated Values atau CVS adalah suatu format data dalam basis data di mana setiap record dipisahkan dengan tanda koma (,) atau titik koma (;). Selain sederhana, format ini dapat dibuka dengan berbagai text-editor seperti Notepad, Wordpad, bahkan MS Excel.

Kenapa saya menggunkan file CSV ini?

Ada beberapa keperluan, meski bukan keperluan yang sering biasa orang gunakan. Saya hanya menggunakan file CSV ini sebagai source untuk kepentingan upload schedule tweets di @hootsuite . Itu saja.

Jika ada penambahan info lagi akan saya update di halaman ini.

Thanks
@TaufanPR

Iklan

Jangan..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s