Apakah Yoga itu haram?

Yoga pernah menjadi topik yang menarik dibeberapa milis. Hal ini terjadi setelah MUI-nya Malaysia mengeluarkan fatwa haram untuk yoga. Teman saya pun mengulas tentang hal ini diblognya. Saya tidak akan memperpanjang polemik ini, saya cuma ingin mengungkapkan apa yang saya ketahui tentang yoga.

Istilah yoga berasal dari bahasa sansekerta yang kurang lebih artinya menyatu, bersatu, menjadi satu. Yoga menyatukan tubuh, pikiran dan jiwa melalui suatu olah tubuh tertentu, pengaturan pernafasan, dan meditasi. Lebih dari itu, yoga berusaha mendekatkan pelakunya dengan Sang pencipta.

Latihan yoga memerlukan waktu yang lebih panjang bila dibandingkan dengan olah raga biasa. Yoga memerlukan lebih kurang dua sampai tiga jam dalam sekali latihan. Instruktur yoga akan mengarahkan peserta melakukan beberapa seri pose yoga. Ada banyak sebutan untuk pose yoga, hal itu terggantung dimana yoga diajarkan.

Beberapa istilah yang umum terdapat dalam yoga antara lain asana saat mengantur pose, dan pranayama saat mengatur pernafasan.

Manfaat Yoga

Manfaat yoga terutama untuk terapi fisik dan mental. Oleh karena itu yoga sering dilakukan oleh mereka yang ingin menenangkan fikiran sekaligus untuk melatih fisik. Yoga membantu seseorang untuk meningkatkan kelenturan tubuh, kekuatan otot dan tendon yang pada akhirnya akan mengurangi resiko cidera pada tubuh.

Yoga juga membantu menekan terjadinya penyakit. Beberapa penelitian menyebutkan dengan teratur beryoga, kemungkinan terjadinya sakit kepala, arthritis, stress, kecemasan, tekanan darah tinggi, asthma, multipel sklerosis, kelelahan kronis, epilepsi, diabetes dan lain lain dapat ditekan.

Latihan yoga tidak berguna untuk membakar lemak tubuh. Jadi bila anda ingin juga membakar lemak tubuh agar lebih langsing maka anda dapat mengkombinasikan yoga dengan latihan yang lain seperti jogging dan senam erobik.

Ada beberapa tipe yoga yang saat ini tersebar di seluruh dunia. Tipe yang paling sering dipelajari dan memang paling mudah dilakukan oleh pemula adalah Hatha Yoga. Tipe yoga ini lebih mementingkan ke bentuk bentuk pose yoga.

via Blog Dokter.

Author: TaufanPR

I know nothing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s