Pelajaran yang saya dapat: Dalam menjual produk kesehatan

wpid-20151031_050718.jpg.jpg

Pasar produk kesehatan memang tidak akan habis, dan customer nya sangat banyak. Mereka adalah customer yang sudah teredukasi sejak lama mengenai pentingnya kesehatan bagi mereka. Dan kita sebagai seller tentu akan mendapatkan pembeli baru yang tidak akan habis pula dengan seiring berjalannya waktu.

Namun, sebagus apapun copywriting sebuah produk dan memang betul-betul produk yang bagus dan bermanfaat.. jangan sekali-kali invest atau kulakan ke produk ber-niche kesehatan yang masih baru atau belum terdaftar di Depkes. Karena customer produk kesehatan itu paling sensitif, berbeda dengan customer untuk produk yang berupa accessories, produk digital atau lainnya.

Saya punya beberapa stok produk kesehatan, beberapa ada produk yang baru fresh masuk pasar dan produk merk lama yang ber-depkes yang sudah memiliki peminatnya sendiri. Dan selama ini yang paling cepet laku ya produk yang udah ada Depkes-nya aja.

Karena berdasar pengalaman hasil survey dan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan customer saya rata-rata setelah menanyakan manfaat produk kesehatan tersebut mereka akan menanyakan apakah sudah terdaftar di Depkes atau belum.

Ada produk kesehatan yang belum ber-depkes (kata distributornya sih masih dalam proses) yang saya gunakan secata pribadi dan produk tersebut memang bagus dan work bagi saya, tapi sebagus apapun itu customer akan berfikir beberapa kali mungkin 10x untuk membelinya karena berlum terdaftar ke Departemen Kesehatan. Yang berdampak ke seret-nya perputaran uang karena sulit nya reseller menjual produk tersebut.

Saran saya, jika kamu ingin memulai untuk menjual sesuatu dan ingin cepat balik modal, pilihlah produk selain produk kesehatan. Namun jika kamu ingin bersikukuh menjual produk kesehatan, pilihlah produk yang sudah terdaftar di Departemen Kesehatan atau produk kesehatan dengan sistem dropship.

Pesan moral:

Ton of failure and mistakes make you perfect.

Semoga bermanfaat.

Author: TaufanPR

I know nothing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s