Cara Menyembunyikan Pesan Error pada WordPress

Sebenarnya pesan error seperti tampak pada gambar diatas itu tidak menjadi masalah, dan tidak mempengaruhi performa web. Hanya saja pesan error ini muncul saat web diakses publik.

Pada awalnya saya tidak pernah mendapat masalah dengan hal ini, karena pesan error akan tersembuyikan secara otomatis setelah kita menambahkan barisan kode di bawah ini di file wp-config.php yang terletak pada instalasi WordPress.
define('WP_DEBUG', false);

Tapi hari ini, pesan error itu tetap muncul padahal saya sudah menambahkan barisan kode di atas. Sejak bertahun-tahun yang lalu/awal pertamakali nge-blog sampai sekarang barisan kode diatas selalu bisa mengatasi masalah.

Tapi hari ini, tidak tau kenapa, pesan error tetap muncul. Sempat seharian Googling. Pusing sekali. Akhirnya menemukan solusinya.

Replace

define('WP_DEBUG', false);

dengan

ini_set('log_errors','On');
ini_set('display_errors','Off');
ini_set('error_reporting', E_ALL );
define('WP_DEBUG', false);
define('WP_DEBUG_LOG', true);
define('WP_DEBUG_DISPLAY', false);

Cara Menyembunyikan Pesan Error pada WordPress 1.jpg

Dah gitu aja, akhirnya pesan error itu kini telah sirna seperti tampak terlihar pada tangkapan layar dibawah ini:

Cara Menyembunyikan Pesan Error pada WordPress 2.jpg

Pesan-pesan error tersebut sebenarnya sangat bermanfaat bagi para developer, khususnya pengembang plugin WordPress untuk mengetahui apa yang error dan cara memperbaikinya. Tapi kita sebagai orang awam/visitor mana peduli akan hal itu?

Ada banyak sekali hal-hal yang tidak bisa saya kendalikan. Tadinya saya hanya ingin berfokus pada hal-hal yang bisa saya kendalikan saja. Namun keadaan memaksa saya untuk mempelajari hal-hal baru. Semakin kebawah semakin gak jelas kan tulisannya? Yaudah kita sudahi aja.

Oke selesai. Lanjut mempelajari hal lainnya, sembari mencari masalah-masalah baru berikutnya. Sampai jumpa.

via Motivasee.com

Iklan

Jangan..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s